Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ivana Putri

Fungsi dan Cara Menggunakan Menu Print Area Dalam Excel


Fungsi dan Cara Menggunakan Menu Print Area Dalam Excel - Mencetak sheet atau Print memang pasti akan kita lakukan setelah selesai melakukan pengolahan data.







Salah satu menu yang cukup erat kaitannya dengan print sheet Excel atau print file Excel adalah Print Area.





Menu Print Area ini terdapat dalam Tab Page Layout dan dalam kelompok menu Page Setup.





Seperti yang kita kehahui bahwa dalam kelompok menu Page Layout ini memang sangat terkait erat dengan pengaturan sheet sebelum diprint atau dicetak.





Dalam artikel ini kita akan membahas tentang fungsi dari menu Print Area serta bagaimana cara menggunakannya.






Fungsi dan Cara Menggunakan Menu Print Area







Secara default menu Print Area ini sudah ditampilkan oleh Excel sehingga kita tidak perlu repot untuk membuka Excel Options.





Dengan kata lain kita bisa langsung menggunakan menu Print Area jika memang perlu untuk menggunakannya.








Fungsi Menu Print Area Dalam Excel







Secara umum Print Area ini dapat digunakan untuk membatasi pencetakan sheet hanya pada area yang dipilih saja.





Misalnya dalam sebuah sheet terdapat data sebanyak 1 halaman atau beberapa halaman.





Dengan menu Print Area kita bisa menentukan area mana saja dalam sheet tersebut yang akan dicetak.



Misalnya setengah dari halaman pertama saja yang dimulai dari tengah halaman sampai akhir halaman.





Dalam menu Print Area ini terdapat dua sub menu yang masing - masing memilki fungsi sebagai berikut :








  • Set Print Area : digunakan untuk menentukan batas Print Area

  • Clear Print Area : digunakan untuk menghapus Print Area yang sudah kita buat sebelumnya







Kedua sub menu tersebut harusnya sudah sangat dipahami karena fungsinya sudah cukup jelas.








Cara Menggunakan Menu Print Area Dalam Excel







Selanjutnya mari kita bahas tengang bagaimana cara menggunakan menu Print Area dalam Excel.





Untuk contohnya silahkan perhatikan gambar berikut ini :








menu print area di excel







Dalam gambar pertama merupakan keseluruhan data yang terdapat dalam sheet1.





Seperti yang terlihat dalam gambar diatas ( gambar ke-1 ) bahwa dalam sheet tersebut terdapat dua buah tabel dengan nama tabel 1 dan Tabel 2.



Jika sheet 1 tersebut kita cetak atau print preview maka kedua tabel tersebut pasti akan muncul atau dicetak.





Sedangkan dalam gambar ke-2 pada saat diprint preview yang tampil hanya tabel 2 saja dan tabel 1 tidak ada.





Tabel ke-2 inilah yang merupakan hasil Printa Area dan akan dicetak atau di Print.





Langkah - langkah untuk membuat print area seperti dalam contoh gambar diatas caranya adalah sebagai berikut :








  1. Blok area cell A6 sampai dengan C13

  2. Klik Tab Page Layout

  3. Klik Print Area yang terdapat dalam kelompok menu Page Setup

  4. Pilih atau klik Print Area







Sampai dengan langah keempat diatas Print Area seperti dalam contoh gambar sudah berhasil dibuat.





Silahkan klik atau pilih Print Preview untuk melihat tampilan hasil Print Area tersebut sebelum dicetak.





Selanjutnya bagaimana jika kita ingin membuat dua area Print ?





Untuk kebutuhan tersebut langkah - langkahnya hampir sama dengan uraian diatas tetapi saat memilih area tambahkan area lainnya secara bersamaan dengan menekan tombol ALT dalam keyboard.





Selanjutnya yang terakhir bagaimana cara menghapus Print Area yang sudah kita buat sebelumnya ?





Jika Print Area ini dihapus maka secara otomatis Page Setup akan dikembalikan ke margin halaman normal seperti semula.





Untuk langkah - langkahnya sebenarnya sangat mudah yaitu sebagai berikut :








  1. Klik Tab Page Layout

  2. Klik menu Print Area dalam kelompok menu Page Setup

  3. Klik Clear Print Area







Dengan ketiga langkah tersebut diatas maka semua Print Area yang terdapat dalam sheet tersebut akan dihapus.



Dalam penjelasan tentang sub menu diatas saya tidak menyebutkan ada sub menu Clear Print Area.



Sub menu Clear Print Area ini hanya akan muncul setelah kita membuat print area melalui tab Page Layout.





Setelah Print Area dihapus maka margin semua halaman akan dikembalikan menjadi normal.





Itulah pembahasan kita kali ini tentang fungsi dan cara menggunakan menu Print Area dalam Excel dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Posting Komentar untuk "Fungsi dan Cara Menggunakan Menu Print Area Dalam Excel"

Sponsored by: iklanvideo.io