Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ivana Putri

Menggabungkan Isi Dua Tabel Berbeda Dengan Consolidate Dalam Excel

Menggabungkan Dua Tabel Dalam Excel - Mengolah Tabel dalam Excel kadang menemukan dua Tabel yang isinya hampir sama.

Jika ingin menggabungkan dua Tabel tersebut sebenarnya ada dua cara yang bisa kita gunakan selain manual.

Pertama dengan menggunakan rumus SUMIF dan yang kedua bisa dengan menggunakan menu Consolidate.

Dalam artikel ini kita akan menggabungkan dua tabel dalam Excel dengan menggunakan menu Consolidate.


Menggabungkan Dua Tabel Dalam Excel


Consolidate dalam Excel memang dapat digunakan untuk menggabungkan dua tabel baik dalam satu sheet atau dalam sheet yang berbeda.

Menu ini terdapat pada Tab Data serta dalam kelompok menu Data Tools pada Tab Data tersebut.

Dengan Consolidate ini kita bisa menjumlahkan atau menggabungkan isi Tabel dengan keterangan yang sama.

Dalam Consolidate sebenarnya tidak hanya ada menu penjumlahan saja tetapi ada juga rumus COUNT, MAX, MIN, PRODUCT dan lain sebagainya.

Ini artinya kita tidak hanya bisa menjumlahkan isi tabelnya saja tetapi bisa saja menghitung unsur lain yang ada dalam tabel tersebut.

Dengan kata lain menu Consolidate ini tidak terbatas hanya pada rumus Excel SUM saja.


Contoh Menggabungkan Tabel


Selanjutnya mari kita lihat bagaimana contoh serta langkah - langkah menggabungkan dua Tabel tersebut.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :


Menggabungkan dua Tabel dalam Excel


Dalam contoh tersebut sudah ada dua Tabel yang isinya cukup identik karena hanya angka - angkanya saja yang berbeda.

Selanjutnya Tabel yang ketiga merupakan gabungan dari isi kedua Tabel tersebut.

Penggabungan dua tabel pada contoh diatas tidak dilakukan satu persatu secara manual tetapi menggunakan menu Consolidate.

Adapun langkah - langkah penggabungan kedua tabel diatas adalah sebagai berikut :

  1. Klik Cell D8
  2. Klik Tab Data
  3. Klik Consolidate yang ada pada kelompok menu Data Tools dan selanjutnya akan muncuk kotak dialog Consolidate
  4. Dalam kotak Functin pilih : SUM
  5. Klik kotak reference kemudian kli Cell A4 tahan dan geser mouse sampai dengan Cell B8
  6. Klik tombol Add
  7. Klik kotak reference kemudian kli Cell A11 tahan dan geser mouse sampai dengan Cell B15
  8. Klik tombol Add
  9. Ceklis Top row
  10. Ceklis Left column
  11. Klik OK

Sampai dengan langkah yang kesebelas diatas kita sudah selesai menggabungkan Tabel 1 dan tabel 2.

Untuk hasilnya akan terlihat sama persis seperti pada contoh gambar diatas dan angka pada kolom jumlah sudah kita jumlahkan secara otomatis.

penjumlahan angka dalam kolom "Jumlah" atau kolom E tersebut bukan dilakukan secara manual satu persatu.

Jika tabel yang kita miliki hanya sedikit menampung data memang penggabungan tabel bisa dilakukan satu persatu.

Tapi jika isi Tabel terdiri dari banyak angka dan data tentunya penggabungan Tabel otomatis ini akan sangat mempercepat pengolahan data yang sedang kita lakukan.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara menggabungkan Tabel dalam Excel dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.    

Posting Komentar untuk "Menggabungkan Isi Dua Tabel Berbeda Dengan Consolidate Dalam Excel"

Sponsored by: iklanvideo.io