Menggunakan Excel Sebagai Kalkulator Untuk Menghitung dan Menjumlahkan Angka
Menggunakan Excel Sebagai Kalkulator - Untuk mempercepat penghitungan angka biasanya kita akan menggunakan alat bantu.
Alat bantu menghitung atau menjumlahkan angka yang paling umum dikenal oleh kita adalah Kalkulator.
Dengan kalkulator tersebut kita bisa digunakan untuk penjumlahan, pengurangan, perkalian bahkan pembagian angka.
Tapi pernahkan kita sadari bahwa pada dasarnya Microsoft Excelpun bisa kita gunakan sebagai pengganti Kalkulator dalam penghitungan angka tersebut.
Menggunakan Excel Sebagai Kalkulator
Alasan yang paling mendasar jika kita ingin menggunakan Excel sebagai pengganti Kalkulator adalah karena dalam Excel memang bisa dioperasikan penjumlahan sampai dengan pembagian angka.
Dengan rumus yang kita gunakan maka proses penjumlahan atau pengolahan angka bisa dengan mudah didapatkan seperti Kalkulator.
Tetapi memang untuk mengolah angka dalam Excel dibutuhkan beberapa langkah yang tidak terlalu sulit.
Untuk itu mari kita bahas langkah - langkah mengolah angka dalam Excel untuk menggantikan Kalkulator.
1. Menjumlahkan Angka Dalam Excel
Pembahasan yang pertama kita akan menjumlahkan angka dengan mengunakan Microsoft Excel.
Dalam Excel ada dua cara untuk menjumlahkan angka baik didalam Cell maupun range.
Cara yang pertama kita akan menumlahkan angka langsung didalam Cell dan yang kedua kita akan menggunakan rumus Excel SUM.
Misalnya sebagai contoh kita sudah mengetikan 3 buah angka pada Cell Excel yaitu sebagai berikut : angka 8 pada Cell A1, angka 2 pada Cell A2 serta angka 5 pada Cell A3.
Jika dilakukan secara manual maka menjumlahkan angka - angka tersebut caranya adalah sebagai berikut :
- Ketik tanda sama dengan ( = ) pada Cell Excel
- Ketik angka 8 dan ikuti dengan menekan tombol +
- Ketik angka 2 dan ikuti dengan menekan tombol +
- Ketik angka 5 dan tekan tombol Enter
Setelah menekan tombol Enter maka pada Cell yang kita gunakan akan muncul hasil penjumlahan angka yaitu 15.
Selanjutnya jika menggunakan rumus SUM maka rumus yang digunakan untuk penjumlahan angka adalah sebagai berikut :
=SUM(A1:A3)
Hasil dari rumus tersebut juga akan tetap sama seperti pada cara yang pertama yaitu 15.
2. Pengurangan Angka Dalam Excel
Selanjutnya yang kedua kita akan bahas pengurangan dalam Microsoft Excel yang caranya juga mirip dengan pembahasan yang pertama.
Misalnya kita akan mengurangi angka - angka pada contoh yang pertama maka langkah - lagnkahnya adalah sebagai berikut :
- Ketik tanda sama dengan ( = ) pada Cell Excel
- Ketik angka 8 dan ikuti dengan menekan tombol -
- Ketik angka 2 dan ikuti dengan menekan tombol -
- Ketik angka 5 dan tekan tombol Enter
Hasil dari pengurangan angka dengan langkah - langkah diatas akan otomatis muncul yaitu angka 1.
Tetapi untuk rumus SUM memang tidak bisa digunakan untuk pengurangan angka pada Excel.
3. Perkalian dan Pembagian Dalam Excel
Jika diperhatikan pada dua contoh diatas bisa kita simpulkan baha pada prinsipnya proses perkalian dan pembagian juga sama dengan langkah - langkah diatas.
Hanya saja untuk perkalian dalam Excel kita menggunakan tanda bintang ( * ) bukan plus ( + ) atau min ( - ).
Selanjutnya untuk proses pembagian dalam Excel notasi atau symbol yang akan digunakan adalah slash ( / ) atau garis miring.
Untuk contohnya silahkan ikuti langkah - langkah diatas serta gunakan masing - masing symbol untuk perkalian dan pembagian tersebut.
itulah pembahasan kita kali ini tentang menggunakan Excel sebagai pengganti kalkulator dalam pengolahan angka dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Posting Komentar untuk "Menggunakan Excel Sebagai Kalkulator Untuk Menghitung dan Menjumlahkan Angka"