Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ivana Putri

Cara Membuat Daftar Gaji Karyawan Dengan Rumus Dalam Microsoft Excel

Cara Membuat daftar Gaji Karyawan - Menghitung gaji merupakan kegiatan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan.

Karena memang gaji ini merupakan biaya yang paling tinggi dalam perusahaan serta bersinggungan langsung dengan hak Karyawan.

Supaya perhitungan gaji Karyawan ini jauh lebih mudah rasanya akan lebih baik jika kita menggunakan Excel sebagai aplikasi pengolah datanya.

Dalam menghitung gaji pada Excel ini kita juga akan memanfaatkan beberapa rumus yang memang sudah disediakan oleh Excel.


Cara Membuat Daftar Gaji Karyawan Dalam Excel


Daftar gaji adalah seluruh data gaji karyawan yang sudah kita hitung dengan pola dan urutan yang sesuai dengan ketetapan perusahaan.

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam membuat daftar gaji bagian yang paling sulit adalah menghitung lembur.

Karena perhitungan lembur ini sudah ada ketetapan resminya dan tentu kita harus mengikuti ketetapan yang sudah dibuat tersebut.

Hanya saja pada pembahasan kali ini kita tidak akan menyertakan perhitungan lembur didalam gajinya.

Jadi, dalam membuat daftar gaji kali ini rasanya akan menjadi sangat mudah karena memang tidak ada perhitungan lembur yang sudah dijelaskan diatas.

Untuk contoh membuat daftar gaji Karyawan dalam Excel silahkan perhatikan gambar berikut ini :


Membuat daftar gaji karyawan dalam excel


Dalam contoh tersebut sudah dibuatkan daftar gajik Karyawan mulai dari Gaji Pokok sampai dengan THP.

Dari contoh ini kita akan bahas dua perhitungan yaitu menghitung total gaji pada kolom F serta THP pada kolom H.


1. Menghitung Total Gaji Dalam Excel


Pada dasarnya total gaji ini merupakan jumlah dari Gaji Pokok dengan tunjangan atau pendapatan Karyawan lainnya.

Pada contoh diatas selain Gaji pokok kita sudah menambahkan Tunjangan serta Uang Makan.

Adapun rumus Excel untuk menghitung total gaji pada contoh diatas adalah sebagai berikut :


=SUM(C4:E4)


Dengan menggunakan rumus tersebut maka secara otomatis total Gaji dari masing - masing Karyawan akan otomatis muncul.


2. Menghitung THP atau Gaji Bersih


Selanjutnya setelah total gaji berhasil kita hitung maka langkan berikutnya adalah menghitung THP.

THP atau Take Home Pay atau gaji bersih ini merupakan total gaji setelah dikurangi dengan potongan - potongan jika ada.

Adapun rumus yang digunakan untuk menghitung gaji bersih pada contoh diatas adalah sebagai berikut :


=F4-G4


Dengan menggunakan rumus ini maka secara otomatis angka gaji bersih dari masing  - masing Karyawan akan muncul.

Dari contoh ini terlihat bahwa menghitung daftar gaji Karyawan dalam Excel sangat mudah untuk dilakukan.

Jika ingin menambahkan perhitungan lembur kedalam daftar gaji diatas silahkan buka dan pelajari pada pembahasan sebelumnya.

Dalam pembahasan tersebut sudah dengan jelas ditampilkan rumus untuk menghitung lembur.

Bahkan daftar gaji yang disertai dengan lemburnyapun sudah pernah dibahas dalam artikel sebelumnya. 

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara membuat daftar gaji dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.         

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Daftar Gaji Karyawan Dengan Rumus Dalam Microsoft Excel "

Sponsored by: iklanvideo.io