Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ivana Putri

Cara Menambahkan Alamat Email Otomatis Pada Microsoft Excel

Menambahkan Alamat Email Otomatis - Alamat email merupakan sesuatu yang cukup sering kita butuhkan terutama didunia kerja.

Biasanya perusahaan akan membuat alamat email tersendiri sesuai dengan alamat domain yang mereka miliki.

Adapun alamat email yang digunakan biasanya merupakan nama dari masing - masing karyawan.

Setelah nama pada alamat email tentu akan diikuti dengan domain emailnya itu sendiri dan semua karyawan akan memiliki alamat akhir yang pasti sama.

 

Menambahkan Alamat Email Otomatis Dalam Excel

 

Karena akhir dari alamat email akan selalu sama rasanya ini akan mempermudah kita dalam input email jika alamat akhir tersebut kita jadikan muncul otomatis.

Sehingga pada saat kita akan mengetik alamat email kita cukup mengetikan nama Karyawan saja karena alamat email selanjutnya akan otomatis muncul.

Hanya saja pertanyaannya adalah apakah pola ini bisa dilakukan dalam Excel ?

Jika membaca artikel sebelumnya tentu kita sudah mengenal adanya menu custom yang selalu digunakan untuk format yang unik.

Pada pembahasan inipun untuk menambahkan alamat email secara otomatis maka kita akan menggunakan menu tersebut.

Untuk langkah dan caranya sebenarnya tidak terlalu sulit hanya saja kita harus mengetahui format apa yang nantinya akan diinput kedalam Custom.

Karena kesalahan format tentu akan berakibat pada kesalahan hasil yang akan kita munculkan.

Untuk contoh pembahasan kita silahkan perhatikan gambar berikut ini :

 

tambah email otomatis

 

Pada contoh gambar tersebut sudah ada nama Karyawan yang kita ketik pada kolom A.

Selanjutnya jika kita ketik nama yang sama pada kolom C maka hasilnya akan sangat berbeda.

Karena pada kolom B tersebut setelah nama akan ditambahkan alamat email lengkap dari masing - masing Karyawan.

Alamat tambahan email diakhir setelah nama tersebut akan muncul secara otomatis dan kita tidak perlu mengetiknya.

Adapun langkah - langkah menambahkan alamat email otomatis seperti pada contoh diatas adalah sebagai berikut :

 

  1. Blok cell C4 sampai dengan cell C6
  2. Klik kanan pada area yang diblok
  3. Klik Format Cells
  4. Klik Tab Number
  5. Klik Custom
  6. Pada kotak Type ketik format : @"@gmail.com"
  7. Klik OK

 

Hanya dengan menggunakan tujuh langkah diatas maka secara otomatis alamat email akan muncul.

Silahkan ikuti langkah - langkah diatas dan pastikan seluruh langkah sudah dilakukan dengan benar.

Jika langkahnya sudah benar maka hasilnya akan sama persis seperti pada contoh yang ditampilkan.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang menambah alamat email otomatis dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Alamat Email Otomatis Pada Microsoft Excel"

Sponsored by: iklanvideo.io