Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ivana Putri

Cara Menggunakan Menu AutoSum Dalam Microsoft Excel


Menu AutoSum Di Excel - Dalam Excel salah satu rumus yang sering digunakan adalam rumus SUM.







Hampir pada setiap pengolahan angka rumus SUM ini hampir dipastikan akan digunakan.





Excelpun menyadari tentang seringnya rumus SUM ini digunakan saat pengolahan angka.





Untuk itu Excel telah menyediakan sebuah menu penjumlahan otomatis dengan menggunakan rumus Excel SUM.





Menu ini secara otomatis akan melakukan penjumalahan pada cell yang sudh kita tentukan.



Menu untuk penjumlahan otomatis ini berada pada Tab Home dan dinamakan AutoSum.






Menggunakan Menu AutoSum Di Excel






Secara default rumus yang muncul dalam menu AutoSum ini adalah memang rumus Excel SUM.



Meskipun sebenarnya ada rumus - rumus yang ada pada menu AutoSum ini bukan hanya SUM saja.



Seperti yang sudah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya bahwa rumus Excel SUM dapat digunakan untuk menjumlahkan angka dalam sebuah range.



Ada dua pembahasan dalam artikel kita kali ini yaitu menggunakan rumus SUM dalam AutoSum dan pembahasan kedua kita akan menggunakan rumus lainnya dalam AutoSum ini.








Menggunakan Rumus SUM Dalam AutoSum






Pembahasan yang pertama mari kita menggunakan rumus Excel SUM dalam menu ini.



Untuk contohnya silahkan perhatikan gambar berikut ini :








menu AutoSum Excel






Dalam gambar tersebut saya menggunakan menu AutoSum supaya dengan sekali klik kolom O dan P akan otomatis dijumlahkan.



Rumus yang digunakan dalam cell O4 diatas adalah sebagai berikut :



=SUM(O1:O3)



Rumus tersebut sama persis dengan saat kita menggunakan rumus SUM biasa padahal ini menggunakan AutoSum.



Langkah - langkah menggunakan AutoSum seperti dalam contoh diatas adalah sebagai berikut :






  1. Pilih cell O4

  2. Klik Tab Home

  3. Klik AutoSum yang ada pada kelompok menu Editing






Setelah selesai mengikuti langkah - langkh diatas maka secara otomatis range tersebut akan dijumlahkan dengn rumus Excel SUM seperti dalam contoh diatas.








Menggunakan Rumus Selain SUM Dalam AutoSum






Pembahasan yang kedua bagaimana cara menggunakan rumus lain selain SUM didalam menu AutoSum.



Misalnya dari contoh gambar diatas kita akan menggunakan rumus Excel AVERAGE.



Maka langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :



1. Klik cell O4

2. Klik Tab Home

3. Klik tanda panah kebawah pada menu AutoSum

4. Klik AVERAGE



Dengan cara diatas maka kolom O yang tadinya menggunakan rumum Excel SUM akan diganti dengan rumus Excel AVERAGE.



Pilihan - pilihan rumus tersebut tentu saja dikemalikan kepada kita sebagai pengguna Excel bahwa rumus mana yang akan digunakan.



Prinsipnya pola ini akan sama dengan menggunakan rumus SUM atau rumus AVERAGE seperti biasanya.



Begitupun dengan hasilnya dijamin pasti akan sama jika menggunakan pola AutoSum ataupun pola rumus biasa.



Jadi, jangan khawatir jika memang kita hanya bisa menggunakan satu pola saja ini tetap hasilnya akan sama persis hanya langkah - langkahnya saja yang berbeda.



Dengan kata lain kita hanya memilih saja opsi mana dari penggunaan rumus tersebut yang akan kita pakai.



Tetapi rasanya tidak salah juga jika kita menguasai kedua pola tersebut dengan baik.



Meskipun sudah saya sampaikan diatas bahwa hasil dari kedua pola ini akan tetap sama.  



Untuk posisi dari menu AutoSum saya jelaskan lagi ada pada Tab Home dan kelompok menu Editing.



Kesimpulan dari pembahasan kita kali ini adalah menu AutoSum dapat digunakan untuk mempercepat penggunaan rumus Excel SUM dan yang lainnya.



Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara menggunakan menu AutoSum dalam Excel dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Menu AutoSum Dalam Microsoft Excel"

Sponsored by: iklanvideo.io