Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ivana Putri

Membuat Jurnal Umum di Excel

Membuat Jurnal Umum di Excel - Membuat jurnal merupakan langkah awal yang sangat penting dalam membuat laporan keuangan.

Sehingga pembuatan jurnal ini akan menjadi satu dari beberapa langkah yang akan dibuat dalam laporan keuangan.

Jika belum memiliki aplikasi laporan keuangan maka Excel akan menjadi solusi yang cukup baik.

Untuk itu mari kita membahas bagaimana cara membuat jurnal didalam Excel sebelum membuat laporan keuangan.


Cara Membuat Jurnal Umum di Excel


Dalam proses pembuatannya jurnal ini akan dibagi menjadi dua bagian atau dua jenis.

Jenis yang pertama adalah Jurnal Umum dan jenis yang kedua adalah Jurnal Khusus.

Dalam prosesnya pembuatan Jurnal Umum & Jurnal Khusus di Excel sebenarnya cukup mirip.

Perbedaannya adalah pada Jurnal Umum seluruh transaksi dicatat kedalam satu jurnal saja.

Sedangkan dalam Jurnal Khusus pencatatan transaksi akan dipisah sesuai dengan jenis transaksinya.



Baca Juga : Cara Membuat Jurnal Khusus Penerimaan Kas di Excel


Salah satu contohnya adalah Jurnal Penerimaan Kas yang akan digunakan untuk mencatat seluruh transki yang terkait dengan penetimaan uang secara tunai.

Selanjutnya mari kita bahas bagaimana contoh dan cara membuat Jurnal Umum dalam Excel.


Contoh Membuat Jurnal Umum di Excel


Untuk contoh dan cara membuat jurnal umum di Excel saya akan menggunakan beberapa transaksi.

Transaksi - transaksi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Tanggal 1 Sep 2020 : menerima penjualan barang tunai 2.500.000
  • Tanggal 6 Sep 2020 : menerima pembayaran piutang dari customer 8.500.000
  • Tanggal 8 Sep 2020 : membayar biaya air / PDAM 550.000

Transaksi - transaksi tersebut diatas akan kita buatkan Jurnal Umum dalam Excel.

Tampilan jurnalnya adalah sebagai berikut :


contoh membuat jurnal umum di excel


Dalam contoh jurnal umum tersebut diatas terdapat tiga informasi penting yang dicatat.

Ketiga informasi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Akun posisi Debit : Ini akan diisi oleh akun biaya jika transaksinya adalah pengeluaran kas dan sebaliknya akan diisi oleh akun Kas atau Bank jika transaksinya adalah penerimaan kas
  • Akun posisi Kredit : posisi ini akan diisi sebaliknya dari posisi akun Debit
  • Ringkasan transaksi : posisi ini akan diisi oleh ringkasan dari transaksi ditanggal tersebut

Jika transaksi yang terjadi adalah pembelian atau penjualan barang mungkin akan sedikit berbeda dengan penjelasan diatas.

Untuk cara pengisian Jurnal Umum tersebut diatas adalah sebagai berikut :

  1. Isi tanggal transaksi sesuai dengan tanggal yang tercantum dalam bukti transaksinya
  2. Untuk nomor jurnal akan otomatis muncul karena saya sudah buatkan nomor jurnal otomatis
  3. Isi uraian dengan transaksi Debit, Kredit dan ringkasan transaksi
  4. Masukan angka untuk posisi Debit
  5. Masukan angka untuk posisi Kredit

Hasil dari pengisian jurnal tersebut akan terlihat seperti dalam contoh gambar diatas.

Silahkan pahami cara pengisian serta format dari Jurnal Umum ini berdasarkan uraian diatas.

Untuk saya pribadi yang paling menarik adalah pembuatan nomor jurnal otomatis yang ada pada kolom B.

Nomor otomatis ini akan dibuat berdasarkan tanggal yang dimasukan kedalam kolom A.

Maksudnya jika tanggal tidak diinput dalam kolom A maka secara otomatis nomor tidak akan muncul.

Nomor urut yang muncul hanya pada baris yang tanggalnya kita isi saja dengan kata lain yang tanggalnya kosong maka nomor urut tidak akan muncul. 

Khusus untuk pembuatan nomor jurnal otomatis saya sudah membahasnya dalam kategori Nomor Urut Otomatis dan silahkan untuk dipelajari.

Jika membutuhkan contoh file jurnal umum seperti yang terlihat dalam gambar diatas silahkan ambil melalui tombol berikut ini :



Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara membut jurnal umum di Excel dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Posting Komentar untuk "Membuat Jurnal Umum di Excel"

Sponsored by: iklanvideo.io