4 Rumus Rata - Rata Dalam Excel Untuk Mempermudah dan Mempercepat Penghitungan
Rumus Rata - Rata Dalam Excel - Ada banyak rumus yang sudah disediakan dalam Excel yang dipisahkan pada beberapa kategori.
Salah satu rumus yang sudah disediakan adalah rumus untuk menghitung rata - rata.
Rumus untuk menghitung rata - rata dalam Excel tersebut terdapat pada kategori Fungsi Statistik.
Tentu saja tujuan dari adanya rumus - rumus tersebut adalah untuk mempercepat serta mempermudah penghitungan rata - rata dalam Excel.
Rumus Rata - Rata Dalam Excel
Seperti yang disebutkan diatas bahwa rumus untuk menghitung rata - rata dalam Excel terdapat pada kategori Fungsi Statistik.
Adapun rumus - rumus untuk menghitung rata - rata tersebut adalah AVERAGE, AVERAGEIF, AVERAGEIFS dan AVERAGEA.
Lalu apa saja perbedaan dari keempat rumus tersebut diatas saat digunakan dalam menghitung rata - rata ?
Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu fungsi detail dari keempat rumus rata - rata tersebut.
1. Rumus Rata - Rata AVERAGE
Rumus rata - rata yang pertama adalah AVERAGE dan ini merupakan rumus yang paling populer dibandingkan dengan ketiga rumus lainnya.
Rumus AVERAGE ini adalah rumus dasar yang bisa digunakan untuk menghitung rata - rata dari 1 atau beberapa range atau deret angka.
Baca Juga : Cara Menggunakan Fungsi AVERAGE Dalam Excel Untuk Mencari Nilai Rata - Rata
Perbedaan yang paling mendasar dari rumus AVERAGE dengan AVERAGEIF dan AVERAGEIFS terletak pada kriterianya.
Pada rumus AVERAGE ini penghitungan rata - ratanya tidak bisa menggunakan kriteria.
Karena untuk penggunaan kriteria pada penghitungan rata - rata hanya bisa dilakukan dengan rumus AVERAGEIF serta rumus AVERAGEIFS.
Tetapi kelebihan dari rumus AVERAGE adalah bisa menghitung rata - rata dari banyak deret angka yang posisinya tidak satu deret atau dibatasi dengan deret yang lain.
2. Rumus Rata - Rata AVERAGEIF
Rumus untuk menghitung rata - rata dalam Excel yang kedua adalah AVERAGEIF.
Seperti yang disebutkan pada penjelasann diatas bahwa yang membedakan rumus AVERAGE dengan AVERAGEIF adalah pada kriteria penghitungan rata - ratanya.
Jika pada rumus AVERAGE tidak bisa menggunakan kriteria maka pada rumus AVERAGEIF menghitung rata - ratanya bisa menggunakan kriteria.
Hanya saja memang jumlah kriteria yang dapat digunakan pada rumus AVERAGEIF ini jumlahnya hanya 1 saja.
Dengan kata lain fungsi secara rinci dari rumus AVERAGEIF adalah untuk menghitung rata - rata dengan 1 kriteria saja.
3. Rumus Rata - Rata AVERAGEIFS
Rumus rata - rata dalam Excel yang ketiga adalah AVERAGEIFS dan rumus rata - rata ini dapat digunakan untuk menutupi kekurangan rumus AVERAGEIF.
Dijelaskan diatas bahwa rumus AVERAGEIF hanya bisa menggunakan 1 kriteria saja.
Maka pada rumus AVERAGEIFS inilah kita dapat menghitung rata - rata dengan banyak kriteria.
Dengan kata lain bisa disebutkan bahwa rumus AVERAGEIF hanya 1 kriteria saja sedangkan pada rumus AVERAGEIFS bisa menggunakan banyak kriteria.
Baca Juga : Cara Menggunakan Fungsi AVERAGEIFS Untuk Mencai Nilai Rata - Rata Dengan Kriteria Lebih Dari Satu Dalam Excel
Dari ketiga rumus diatas sebenarnya masih ada kekurangan yang mungkin jarang kita sadari.
Misalnya dalam deret angka terdapat 4 angka serta 1 value TRUE dengan urutan sebagai berikut : angka 3, 4, 5, 6 dan teks TRUE.
Jika kita gunakan rumus AVERAGE maka hasil yang akan muncul adalah 4,5 dan ini artinya value TRUE akan diabaikan.
Padahal dalam Excel teks logika TRUE memiliki value atau mewakili angka 1.
Bagaimana jika ingin menyertakan TRUE tersebut kedalam penghitungan rata - rata ?
4. Rumus Rata - Rata AVERAGEA
Selanjutnya rumus terakhir untuk rata - rata pada kategori Fungsi Statistik adalah AVERAGEA.
Rumus AVERAGEA ini akan menghitung rata - rata dari sebuah deret angka yang berisi angka serta selain angka.
Ini artinya rumus AVERAGEA dapat menjawab pertanyaan diatas karena jika menggunakan rumus AVERAGEA nilai logika TRUE atau FALSE akan bisa dihitung atau disertakan pada penghitungan rata - ratanya.
Untuk memperjelas keempat rumus rata - rata diatas saya sudah buatkan masing - masing pembahasannya pada artikel tersendiri.
Pada prinsipnya keempat rumus diatas memang sama - sama digunakan untuk menghitung rata - rata.
Tapi secara detail jika dibandingkan akan cukup jauh berbeda hasil penghitungannya.
Untuk itu wajib bagi kita memahami secara detail dari setiap fungsi atau rumus yang ada dalam Microsoft Excel.
Ketepatan memilih rumus akan membantu mempercepat serta menampilkan hasil penghitungan yang akurat sesuai dengan kebutuhan.
Itulah pembahasan kita kali ini tentang rumus rata - rata dalam Excel dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Posting Komentar untuk "4 Rumus Rata - Rata Dalam Excel Untuk Mempermudah dan Mempercepat Penghitungan"