Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ivana Putri

Cara Membuat Laporan Penjualan Per Barang Dalam Microsoft Excel

Laporan Penjualan Per Barang - Laporan penjualan merupakan salah satu laporan yang wajib untuk dibuat dalam perusahaan.

Dari laporan ini akan banyak data yang bisa dipelajari dan dianalisa mulai dari jumlah penjualan berdasarkan barang atau mungkin jumlah penjualan berdasarkan target masing - masing salesnya.

Salah satu yang biasa disajikan dalam laporan penjualan adalah laporan penjualan per barang.

Pada laporan ini yang akan ditampilkan adalah berapa total barang terjual selama periode tertentu.

Jika laporan tersebut dibuat dalam Excel maka menampilkan penjualan per barang akan sangat mudah untuk dilakukan.


Membuat Laporan Penjualan Per Barang


Untuk mempermudah pembuatan laporan penjualan per barang kita akan menggunakan bantuan rumus Excel.

Adapun rumus yang akan kita gunakan adalah SUMIF yang ada pada kategori Fungsi Matematika.

Dalam Microsoft Excel rumus SUMIF ini dapat digunakan untuk menghitung atau menjumlahkan angka dengan satu kriteria.

Kriteria yang akan kita masukan kedalam rumus SUMIF ini adalah Nama dari masing - masing barang yang terjual.


Baca Juga : Cara Menggunakan Fungsi SUMIF Dalam Microsoft Excel


Jika biacara kriteria dalam penjumlahan angka tentu kriteria ini bisa sangat bervariasi.

Mulai dari penjumlahan tanpa kriteria, penjumlahan satu kriteria dan juga penjumlahan dengan banyak kriteria.

Masing - masing dari jenis tersebut sudah ada rumus khususnya dalam Microsoft Excel.

Untuk penjumlahan tanpa kriteria ada rumus SUM, untuk penjumlahan 1 kriteria ada rumus SUMIF dan untuk penjumlahan dengan banyak kriteria sudah ada rumus Excel SUMIFS.


Contoh Membuat Laporan Penjualan Per Barang


Selanjutnya mari kita lihat contoh pembuatan lapoaran penjualan per barang yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :


Laporan penjualan barang


Dalam contoh gambar tersebut sudah ada tabel penjualan barang yang terdiri dari 2 barang saja yaitu Buku dan Pensil.

Dalam laporan tersebut ada dua informasi terkait penjualan yaitu Qty dan Harga dari penjualannya.

Selanjutnya disebelah kanan sudah dibuatkan rumus untuk menghitung penjualan per barangnya.

Jika dalam Cell G3 diisi dengan Buku maka secara otomatis akan tampil berapa jumlah buku yang terjual serta berapa total penjualannya.

Adapun rumus yang digunakan untuk menghitung Qty dari masing - masing barang yang terjual pada Cell G4 adalah sebagai berikut :


=SUMIF(A4:A9;G3;B4:B9)


Dengan rumus tersebut diatas maka secara otomatis jumlah Qty barang yang terjual akan muncul.

Selanjutnya rumus untuk menghitung jumlah Penjualan Barangnya pada Cell G5 adalah sebagai berikut :


=SUMIF(A4:A9;G3;C4:C9)


Rumus tersebut sebenarnya mirip dengan rumus yang pertama hanya saja yang dihitung adalah jumlah penjualannya.

Dengan rumus tersebut maka secara otomatis jumlah rupiah penjualan akan otomatis tampil.

Dari pembahasan diatas terlihat bahwa menghitung penjualan per barang dalam Excel tidak sulit untuk dilakukan.

Karena yang terpenting adalah sudah menguasai cara penggunaan dari rumus Excel SUMIF.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara menghitung penjualan per barang dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Laporan Penjualan Per Barang Dalam Microsoft Excel"

Sponsored by: iklanvideo.io