Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ivana Putri

Cara Membuat Laporan Kas Harian Kasir Dalam Microsoft Excel

Laporan Kas Harian Dalam Excel - Untuk seorang Kasir tentu ada beberapa laporan yang biasa dibuat setiap bulan.

Satu diantara beberapa laporan tersebut adalah Laporan Kas Harian yang tentu saja akan cutoff setiap hari.

Laporan ini akan mencatat berapa jumlah penerimaan serta pengeluaran Kas sesuai dengan masing - masing tanggalnya.

Tentu angka - angka yang dimasukkan kedalam laporan kas harian ini harus sesuai dengan bukti yang kita dapatkan.


Cara Membuat Laporan Kas Harian Kasir Dalam Excel


Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya bahwa penerimaan Kas sebenarnya dibagi dua sesuai dengan jenis pembayarannya.

Jika pembayaran tersebut dalam bentuk tunai maka kita akan merekapnya kedalam laporan kas harian.

Sedangkan jika penerimaan kas tersebut akan diterima dalam bentuk Giro maka biasanya akan dibuatkan laporan tersendiri.

Dalam pembahasan ini kita hanya akan melihat laporan kas harian saja dan untuk laporan penerimaan Giro sudah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Khusus untuk laporan Kas ini juga biasanya dibagi kedalam dua jenis laporan sesuai dengan jenis penerimaan dan pengeluaran kasnya.

Jenis yang pertama adalah Kas Besar sedangkan jenis yang kedua biasa disebut dengan istilah Kas Kecil atau Operasional atau yang lainnya.

Kas Besar ini biasanya digunakan untuk menampung transaksi yang terkait dengan pembayaran piutang atau tagihan dari Customer.

Sedangkan untuk Kas Kecil biasanya digunakan untuk menampung transaksi yang terkait dengan operasional.

Untuk bentuk laporan sebenarnya tampilannya akan tetap sama saja saja hanya sumber penerimaan kasnya tentu berbeda - beda.

Adapun tampilan dari contoh laporan kas harian ini adalah sebagai berikut :


Laporan harian kas Kasir


Untuk pengisian laporan diatas silahkan sesuaikan dengan judul dari masing - masing kolomnya.

Kolom Tanggal silahkan isi dengan tanggal transaksi sesuai dengan bukti yang kita terima.

Kolom Keterangan diisi dengan ringkasan dari keterangan transaksi yang sudah kita lakukan.

Kolom N. Bukti diisi dengan nomor bukti dari masing - masing transaksi yang kita catat.

Kolom Debit diisi dengan jumlah angka penerimaan Kas dari unsur uang yang kita terima.

Kolom Kredit disii dengan jumlah pengeluaran dari kas atau angka pengeluaran yang kita lakukan.

Sedangkan yang terakhir kolom saldo akan otomatis muncul sesuai dengan rumus yang kita buat.

Untuk rumus ada dua yang harus kita buat dan rumus yang pertama pada Cell F4 adalah sebagai berikut :


=D4


Selanjutnya rumus yang akan kita gunakan pada Cell F5 adalah sebagai berikut :


=F4+D5-E5


Sedangkan untuk rumus pada Cell selanjutnya silahkan copy dan pastekan rumus pada Cell F5 diatas.

Dengan menggunakan rumus - rumus diatas maka angka pada saldo akan otomatis muncul sesuai dengan penerimaan dan pengeluaran kas.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara membuat laporan kas harian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Laporan Kas Harian Kasir Dalam Microsoft Excel"

Sponsored by: iklanvideo.io