Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ivana Putri

SOLUSI PAYROLL DENGAN MS. EXCEL



Solusi Payroll Dengan Microsoft Excel - Seiring dengan perkembangan perusahaan yang cukup pesat maka jumlah karyawan akan semakin banyak dibutuhkan. 








Seiring dengan bertambahnya jumlah karyawan tersebut maka masalah pembayaran dan proses prnghitungan gajipun akan membingungkan.






Apabila perusahaan mempunyai program database maka masalah tersebut akan bisa diselesaikan. 






Apabila perusahaan tidak atau belum bisa menyediakan program database tersebut maka anda ajan menghitung gaji dengan cara manual ?






Tentu ini akan membuat proses perhitungan yang sangat lama dan membingungkan.






Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat sebuah format penghitungan Payroll tersebut dalam Excel.






Dalam artikel ini saya akan memberikan contoh perhitungan payroll dengan Microsoft Excel.







Menghitung Payroll Dengan Microsoft Excel








Seperti kita ketahui bahwa Excel memiliki beberapa rumus yang dapat digunakan untuk menghitung gajikaryawan.






Penghitungan gaji tersebut terdiri dari penghitungan lembur, PPh21 serta Meal dan yang lainnya.






Semua unsur dari gaji tersebut telah saya masukan kedalam perhitungan dan rumusnya sehingga proses penghitungan dilakukan secara otomatis.










Contoh Menghitung Payroll Dengan Excel











Saya mempunyai program penghitungan gaji tersebut dengan ms. excel, sudah termasuk penghitungan overtime serta PPh 21. Tampilan Payroll Slip yang saya buat sebagai berikut :






menghitung payroll dengan excel
Klik gambar untuk melihat lebih detail




Untuk yang akan mencoba silahkan lihat contoh filenya, dalam file tersebut sudah saya sertakan cara pengisian form payroll tersebut. 






Apabila anda membutuhkan payroll dengan pola berbeda dengan file tersebut silahkan isikan comment dibawah dan saya akan coba carikan pola payroll yang sesuai dengan peusahaan anda.






Update !!!






Penghitungan gaji karyawan ini telah saya tambahkan rumus yang lebuh aktual dan terbaru dalam artikel berikut ini :








Baca : Menghitung Gaji, Cara Menghitung Gaji Dengan Rumus Dalam Microsoft Excel









Dalam pehitungan yang baru saya juga telah update penghitungan PPH 21 dengan PTKP terbaru.






Pola penghitungan lembur tetap sama yaitu menggunakan data absensi karyawan berdasarkan absensi harian.






Jika Anda ingin menggunakannya sebagai sebuah referensi dalam proses penghitungan gaji silahkan lihat contoh filenya.






Mohon untuk dicatat bahwa file tersebut hanya sebagai contoh file dan jangan sampai diupload kembali kedalam web atau blog tanpa seizin dari Saya.






Itulah contoh penghitungan Payroll yang saya buat dengan Excel, semoga aritikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.


Posting Komentar untuk "SOLUSI PAYROLL DENGAN MS. EXCEL"

Sponsored by: iklanvideo.io