Tabel Excel, Cara Membuat Tabel dan Contohnya Dalam Microsoft Excel
Cara Membuat Tabel dan Contohnya Dalam Microsoft Excel - Tabel merupakan sebuah susunan data yang disajikan dalam bentuk kotak dengan susunan terdiri dari baris dan kolom.
Tujuan dari pembuatan tabel adalah memudahkan pembaca laporan dengan mendapatkan informasi yang lebih cepat dan akurat.
Untuk mempermudah kustomisasi pada pembuatan tabel tersebut Microsoft Excel telah menyediakan tools khusus untuk pengolahan tabel.
Pada artikel yang lain telah dibahas tentang cara menambahkan dan menghapus baris tabel Excel, silahkan pelajari dalam artikel berikut ini :
Tools untuk pengolahan table tersebut diberinama Table Tools dan akan otomatis muncul pada saat tabel diklik.
Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat tabel dan contohnya dalam Microsoft Excel.
Cara Membuat Tabel Dalam Excel
Dalam penjelasan ini saya akan memberikan dua cara dalam pembuatan tabel tersebut.
Kedua cara pembuatan tabel dalam Excel ini memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing - masing.
Dua cara pembuatan tabel tersebut adalah dengan menggunakan Table Tools dan juga dengan menggunakan fitur Format Cells.
Membuat Tabel Excel Dengan Table Tools
Cara pembuatan tabel dengan cara ini adalah memanfaatkan fitur Table Tools yang akan otomatis muncul pada saat kita membuat tabel.
Kelebihan cara pembuatan ini adalah kita tinggal memilih bentuk dan juga format dari tabel yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel.
Kekurangan dari cara ini adalah kadang kita membutuhkan format yang lebih sesuai dengan laporan seperti ada 2 kolom dalam 1 nama kolom dan sebagainya sehingga kita harus mengedit ulang dengan menambahkan kolom atau baris.
Untuk contoh pembuatannya perhatikan gambar berikut ini :
Gambar sebelah kiri adalah gambar input data nama karyawan yang belum diberikan format tabel, gambar yang ditengah merupakan pilihan - pilihan tabel yang terdapat dalam menu Table Tools dan yang ketiga adalah gambar input Nama Karyawan yang telah diberikan format tabel.
Untuk membuat tabel seperti pada gambar diatas ikuti langkah - langkah sebagai berikut :
- Input data seperti pada gambar diatas sebelah kiri.
- Pilih atau blok dari cell A2 sampai dengan C7.
- Klik Insert
- Klik Table
- Akan muncul dialog box Create Table.
- Perhatikan Box dalam dialog tersebut akan terisi : =$A$2:$C$7
- Centang My table has headers
- Klik Ok
Setelah di klik Ok maka akan muncul menu baru dalam ribbon Excel paling sebelah kanan dengan nama Table Tools.
Silahkan dipilih formatnya sesuai dengan keinginan sehingga dapat disesuaikan dengan bentuk laporan yang sedang dibuat.
Membuat Tabel Excel Dengan Fitur Format Cells
Cara pembuatan tabel yang kedua adalah dengan memanfaatkan fitur Format Cells dalam Excel.
Dalam fitur ini terdapat Tab menu yaitu Border yang dapat digunakan untuk membuat garis dan menghapus serta memberikan warna pada garis tersebut.
Fitur ini telah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya, silahkan untuk dipelajari sebagai bahan tambahan pengetahuan.
Dalam artikel tersebut dijelaskan tentang cara menggunakan fitur format cells serta fungsi - fungsi Tab yang ada didalamnya.
Saya pribadi sering menggunakan cara kedua ini dalam membuat tabel karena menurut saya cara ini lebih mudah untuk disesuikan dengan kebutuhan.
Sebagai contoh perhatikan tabel berikut ini yang saya buat dengan menggunakan fitur format cells :
Untuk cara membuat tabel dengan fitur Format Cells ikuti langkah - langkah berikut ini :
1. Pilih atau blok area untuk tabel
Ini merupakan langkah awal, bisa saja data diinput terlebih dahulu ataupun tabel yang dibuatkan terlebih dahulu.
2. Klik kanan pilih Format Cells
Setelah pilih area yang akan dibuatkan menjadi tabel maka selanjutnya kik kanan pada area tersebut dan klik menu Format Cells.
3. Pilih Style garis
Setelah klik Format Cells akan muncul dialog box dari menu Format Cells tersebut. Untuk pertama kalinya klik Tab Border.
Pada menu Line Style pilihlah garis yang akan digunakan serta pada box color untuk warna garis yang digunakan.
4. Pilih Presets dan Border
Khusus untuk pilihan pada bagian ini supaya lebih jelas silahkan perhatikan gambar dibawah ini :
Pada bagian Presets terdapat 3 menu yang dapat diklik yaitu sebagai berikut :
- None : Jika diklik maka garis akan hilang, atau dengan kata lain ini untuk menghapus seluruh garis pada tabel.
- Outline : Jika diklik maka otomatis bagian pinggir kiri, kanan, atas dan bawah tabel akan muncul garis.
- Inside : Untuk memunculkan garis ditengah tabel baik keatas ataupun kebawah.
Pada bagian Border terdapat 8 tombol yang bisa diklik, ini dusesuikan dengan garis yang terdapat pada tombol tersebut.
Misalnya gambar garis diatas, jika diklik akan memunculkan garis diatas pada area yang diblok. Jika sudah ada garis maka akan menghilangkan garis yang ada pada bagian atas area tersebut.
Untuk tombol lainnya silahkan dilihat sesuai dengan gambar garis pada tombol tersebut, misalnya contoh kedua untuk garis yang ditengah jika dilik akan memunculkan atau menghilangkan garis pada bagian tengah area yang diblok atau dipilih.
5. Klik Ok
Setelah semua garis diklik sesuai dengan kebutuhan maka selanjutnya klik OK dan otomatis tabel akan muncul sesuai dengan garis yang telah kita buat sebelumnya.
Sebagai tambahan, untuk menggabungkan dua kolom menjadi satu nama seperti pada tabel diatas kolom alamat saya menggunakan fitur Merge & Center yang terdapat pada Tab Home dan menu Alignment.
Itulah penjelasan singkat tentang cara membuat tabel dalam Microsoft Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.
Jik ada hal yang ingin ditanyakan atau didiskusikan silahkan isi kolom komentar dibawah artikel ini.
Posting Komentar untuk "Tabel Excel, Cara Membuat Tabel dan Contohnya Dalam Microsoft Excel "