Perbedaan Istilah Rumus dan Fungsi Dalam Microsoft Excel
Perbedaan Rumus dan Fungsi dalam Microsoft Excel - Dalam hampir semua artikel yang saya buat dalam blog ini pasti terdapat kata rumus Excel, Fungsi Excel atau Formula Excel.
Setelah berkali - kali menuliskan kata - kata tersebut rasanya penting juga untuk kita menyamakan persepsi tentang pengertikan kedua kata tersebut.
Jika kita mempunyai pengertian yang berbeda dari kedua kata tersebut tentu saja pembahasan yang diuraikan dalam blog ini akan terasa sedikit aneh.
Untuk menghindari adanya kesalah pahaman tentang arti dari fungsi dan rumus mari kita membahasanya satu persatu.
Penting juga untuk disampaikan bahwa yang saya jelaskan dalam uraian artikel ini adalah sebatas pengetahuan saya saja.
Untuk itu jika ada kekeliruan mari kita diskusikan supaya artikel ini tidak membingungkan pembacanya.
Perbedan Fungsi dan Rumus Dalam Microsoft Excel
Untuk dapat membedakan Fungsi dan Rumus tentunya kita harus mengetahui pengertian serta ruang lingkup dari kedua istilah tersebut.
Rumus dan Fungsi ini merupakan dasar dari pengeolaan angka dalam Microsoft Excel sehingga menurut saya sifatnya wajib untuk mengetahui dan memahami kedua istilah tersebut.
Untuklebih jelasnya tentang apa yang dimaksud dengan rumus dan fungsi dalam Excel ini mari kita membahasnya datu persatu.
Pengertian dan Lingkup Fungsi Dalam Excel
Dalam banyak artikel diblog ini saya menuliskan Fungsi dengan kata Fungsi Dasar dan ini mempunyai arti yang sama.
Fungsi Dasar dalam Excel merupakan perintah yang telah disediakan oleh Excel untuk membantu kita dalam pengolahan data.
Contoh yang paling umum dari Fungsi Dasar ini adalah IF, VLOOKUP, HLOOKUP, COUNT, COUNTIF dan lainnya.
Untuk saya pribadi Fungsi Dasar ini merupakan rumus yang sifatnya berdiri sendiri atau tidak digabungkan dengan fungsi dasar lainnya.
Jika Fungsi Dasar ini sudah digabungkan dengan Fungsi Dasar lainnya maka ini tidak disebut Fungsi Dasar lagi melainkan sudah menjadi Formula atau Rumus.
Dalam Excel Fungsi Dasar ini dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu sebagai berikut :
1. Fungsi Logika
Fungsi Logika atau Logical Function merupakan kumpulan dari Fungi Dasar yang berfungsi untuk menguji sebuah kondisi atau menguji sebuah nilai logika.
Fungsi yang paling populer dalam kategori ini diantarnya adalah fungsi Excel IF, IFERROR, AND, OR dan lainnya.
Berdasarkan pengalaman saya untuk mengelola angka yang sering berhubungan dengan Accounting dan Finance rumus dalam kategori Fungsi Logika ini mutlak untuk diketahui terutama Fungsi IF dan IFERROR.
2. Fungsi Pencarian dan Referensi
Fungsi Pencarian dan Referensi atau Lookup & Reference Function ini digunakan untuk pengolahan angka atau teks yang lebih berkonsentrasi pada pencarian angka atau teks dari sebuah cell atau rentang dalam Excel.
Beberapa Fungsi Dasar yang tergabung kedalam kelompok ini diantaranya adalah VLOOKUP, HLOOKUP, MATCH, COLUMN dan lainnya.
3. Fungsi Tanggal dan Waktu
Fungsi Tanggal dan Waktu atau Date & Time Function ini tentu saja digunakan untuk pengolahan tanggal dan juga waktu.
Beberapa Fungsi Dasar yang tergabung kedalam kelompok Tanggal dan Waku diantaranya adalah DATE, TIME, MONTH, YEAR TODAY dan lain - lain.
4. Fungsi Keuangan
Fungsi Keuangan atau Financial Function merupakan fungsi yang digunakan untuk pengolahan angka yang berkaitan dengan keuangan.
Fungsi Keuangan yang sering saya gunakan diantaranya adalah fungsi yang berkaitan dengan penyusutan asset serta fungsi yang berkaitan dengan penghitungan investasi.
Beberapa Fungsi Dasar yang terdapat dalam kelompok ini diantaranya adalah Fungsi FV, Present Value, PMT, IPMT, DDB dan lain - lain.
5. Fungsi Informasi
Fungsi Informasi merupakan Fungsi Dasar yang berkaitan dengan informasi dari sebuah nilai.
Beberapa Fungsi Dasar yang tergabung kedalam kelompok ini diantaranya adalah Fungsi ISODD, ISEVEN dan lain - lain.
6. Fungsi Matematika
Fungsi Matematika atau Math & Trig Function merupakan fungsi dasar yang sebagian besar digunakan untuk pengelolaan angka dalam bentuk matematika.
Beberapa Fungsi yang terdapat dalam kelompok ini diantaranya adalah PRODUCT, ROUND, SUBTOTAL, SUM, SUMIF, SUMIFS dan lain - lain.
Beberapa Fungsi dalam kelompok ini mungkin sering kita gunakan dalam pengolahan angka misalnya SUM, SUMIF dan SUMIFS.
7. Fungsi Statistik
Fungsi Statistik atau Statistical Function merupakan fungsi dasar yang digunakan dalam pengolahan statistik.
Beberapa Fungsi Dasar yang terdapat dalam kelopok ini diantaranya adalah COUNT, COUNTA, COUNTBLANK, AVERAGE dan lain - lain.
8. Fungsi Teks
Fungsi Teks atau Text Function merupakan fungsi dasar yang dapat digunakan dalam pengolahan teks.
Beberapa fungsi dasar yang terdapat dalam kelompok ini diantaranya LEN, LEFT, MID, REPLACE, SEARCH dan lain - lain.
Itulah beberapa Fungsi Dasar yang sudah dikelopokan kedalam kategori tertentu oleh Excel untuk memudahkan kita dalam pencarian fungsi pada saat pengolahan angka atau teks.
Jadi, Fungsi Dasar ini merupakan rumus yang berdiri sendiri dan sudah disediakan oleh Excel.
Pengertian dan Lingkup Rumus Dalam Excel
Rumus Excel atau Formula ini sebenarnya hampir sama dengan Fungsi Dasar yang sudah dijelaskan diatas.
Rumus atau Formula merpakan perhitungan yang dilakukan dalam Excel dengan menggunakan gabungan dari beberapa fungsi dasar.
Misalnya untuk menghitung angka tertentu kita menggabungkan rumus IF dengan rumus VLOOKUP.
Penggabungan kedua Fungsi Dasar diatas saya menyebutnya dengan Rumus Excel atau lebih dikenal dengan sebutan Formula Excel.
Perbedaan dari rumus adn fungsi secara simpelnya menurut saya adalah jika menggunakan satu fungsi saja kita menyebutnua Fungsi Dasar dan jika menggunakan dua atau lebih Fungsi Dasar maka kita akan menyebutnya Rumus atau Formula.
Itulah pembahasan kita kali ini tentang Perbedaan Istilah Rumus dan Fungsi Dalam Microsoft Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Posting Komentar untuk "Perbedaan Istilah Rumus dan Fungsi Dalam Microsoft Excel"