Cara Menambahkan Teks Lembar dan Keping Otomatis Dalam Excel
Menambahkan Teks Lembar dan Keping Otomatis - Jika pernah melakukan stok opname Kas pasti pernah menambahkan teks "Lembar" dan "Keping" didalam laporannya.
Tambahan teks ini bertujuan untuk memperjelas jenis uang yang dicek pada saat stok opname kas tersebut.
Tetapi meskipun sudah ditambahkan teks "Lembar" dan "Keping" angka yang diketik tetap masih bisa kita kalikan dengan angka yang lainnya.
Untuk cara dan langkah - langkah pembuatan formatnya mari kita bahas bersama - sama dalam artikel ini sampai dengan selesai.
Cara Menambahkan Teks Lembar dan Keping Dalam Excel
Rincian penambahan teks "Lembar" biasanya digunakan untuk kelompok dengan jenis uang kertas.
Sedangkan untuk teks "Keping" merupakan teks tambahan untuk jenis uang dalam bentuk logam.
Dalam prosesnya stok opname Kas ini akan menghitung seluruh uang kertas dan logam yang ada dalam Brankas Kasir.
Setelah itu jumlah dari lembar dan keping uang logam akan dicocokan dengan catatan pada Buku Kas.
Tujuan penambahan teks tersebut tentunya untuk mempercepat pengisian form stok kas dan kita tidak perlu mengetiknya kembali.
Jika kita ketik angka pada Cell tersebut maka teks Lembar atau Keping akan otomatis muncul.
Sedangkan jika teks tersebut dikosongkan maka teks Lembar dan Keping juga akan otomatis menghilang.
Selanjutnya menu yang akan kita gunakan untuk menambahkan kedua teks tersebut adalah Format Cells.
Jika belum memahami cara penggunaan dari menu Format Cells silahkan buka dan pelajari dalam artikel sebelumnya.
Contoh Menambahkan Teks Lembar dan Keping
Selanjutnya mari kita lihat langkah - langkah menambahkan teks Lembar dan Keping melalui Format Cells.
Tapi sebelum itu silahkan perhatikan gambar berikut ini :
Dalam contoh gambar tersebut sudah ada pembagian area untuk uang Logam dan uang Kertas.
Adapun langkah - langkah untuk menambahkan teks "Lembar" seperti yang terlihat dalam contoh diatas adalah sebagai berikut :
- Blok cell A4 sampai dengan cell A7
- Klik kanan pada area yang sudah diblok
- Klik Format Cells
- Dalam kotak dialog Format Cells klik Tab Number
- Dalam kotak Category klik Custom
- Dalam kotak Type masukan rumus : #.##0 "Lembar"
- Klik OK
Setelah selesai mengikuti langkah - langkah diatas silahkan coba ketikan angka pada Cell A4 sampai dengan A7.
Jika langkah diatas sudah benar maka akan muncul teks "Lembar" seperti pada contoh gambar diatas.
Selanjutnya untuk menambahkan teks "Keping" langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
- Blok cell A10 sampai dengan cell A12
- Klik kanan pada area yang sudah diblok
- Klik Format Cells
- Dalam kotak dialog Format Cells klik Tab Number
- Dalam kotak Category klik Custom
- Dalam kotak Type masukan rumus : #.##0 "Keping"
- Klik OK
Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Teks Lembar dan Keping Otomatis Dalam Excel"